Desa Wisata Yang Menjadi Favorit Para Backpacker

Menjadi backpacker tak selalu harus pergi ke gunung ataupun mencari kehangatan pantai. Sebab, terbukti bahwa para backpacker juga tertarik untuk mengunjungi desa-desa unik yang ada di Indonesia.

Pergi ke desa? Kenapa tidak! Di desa, And akan merasakan kesejukan udara yang masih segar, kejernihan air yang mengalir, dan suasana kehidupan yang merakyat akan mengingatkan Anda tentang Indonesia pada zaman dahulu kala.

Nah, inilah 7 desa wisata yang menjadi favorit pada backpacker:

1. Kampung Naga

kampung naga
Desa yang berlokasi di Tasikmalaya ini berada di bawah bukit, dengan bentuk rumah panggung yang beratapkan jerami dan dikelilingi oleh sawah, sungai, dan pepohonan yang masih rimbun. Oh ya, sebetulnya ampung Naga berada di batas Garut dan Tasikmalaya. Jadi jangan heran kalau ada yang menyebut bahwa Kampung Naga berada di garut.

2. Desa Adat Baduy

desa baduy
Desa ini dihuni oleh orang-orang asli Baduy, Banten. Jadi, ciri khas dan budaya yang ada di desa ini masih sangat kental. Ada dua desa yang kerap kali dikunjungi oleh para backpacker, yakni Desa Kanekes dan Desa Cibeo. Kedua desa tersebut memiliki penduduk yang ramah. Penduduk asli tersebut disebut juga urang Kanekes atau orang-orang asli Baduy.

3. Desa Sade

desa sade
Desa Sade berada di Lombok dan dihuni oleh Suku Sasak. Dan, jika Anda menanyakan daripada kerajinan kain tenun khas Lombok berasal, maka Desa Sade lah jawabannya. Ya, para wanita asli Suku Sasak memang gemar membuat kain tenun. Sedangkan sang pria Sasak lebih cenderung bercocok tanam dan berladang.

4. Desa Trunyan

desa trunyan
Jika Anda tertarik dengan hal berbau mistis, maka Desa Trunyan yang berlokasi di Bali bisa menjadi desa wisata favoritmu. Di Desa Trunyan, terkenal dengan kuburannya yang wangi. Padahal, semua mayatnya hanya digelatakkan begitu saja di sudut-sudut desa. Bagaimana bisa mayat wangi? Jadi, di Desa Trunyan terdapat kisah rakyat yang menceritakan tentang kemistisan sebuah pohon yang disebut dengan Pohon Wangi.

5. Desa Penglipuran

desa penglipura
Familiar dengan suasana di Desa Penglipuran? Sebab desa ini kerap kali menjadi setting lokasi FTV. Berlokasi di Bali, Kabupaten Bangli dan berada di ketinggian 700 mdpl. Desa ini penuh dengan bunga kamboja dan pemandangan gapura menyerupai gerbang Pura.

Itulah kumpulan desa wisata yang menjadi favorit para backpacker. Kunjungi desa-desa tersebut bersama teman-teman. Atau, jika Anda lebih memilih backpackeran sendiri, ada baiknya Anda membaca tips berwisata sendirian.

Oh ya, simak juga pesona Air Terjun Sri Gethuk di Yogyakarta. Silakan berkomentar.

This post has already been read 972 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Switch to our mobile site