Julukan Gunung Suci Yang Tersemat Pada Gunung Bromo

Siapa yang tak kenal gunung berapi ini, gunung yang masih aktif dan megah ini terletak di kabupaten Probolinggo Jawa Timur. Tak kalah dengan Gunung Semeru yang menjadi tempat favorit pendaki gunung, gunung ini menjadi wisata alam yang cukup terkenal dikawasan Malang. Status Gunung Bromo ini masih aktif sebagai gunung berapi yang meletus dalam interval waktu teratur yaitu 30 tahun. 26 Oktober tahun 2010 lalu, Gunung Bromo ini kembali mengeluarkan isi perut buminya yang mengakibatkan lumpuhnya peradaban masyarakat yang tinggal disekitar gunung ini.

Gunung yang menjadi wisata alam milik provinsi Jawa Timur ini dianggap sebagai gunung suci oleh suku Tengger yang mendiami kawasan Bromo. Setiap tahunnya masyarakat suku Tengger mengadakan upacara adat yaitu Yadnya Kasada sebagai persembahan. Upacara Adat ini bertempat si sebuah Pura yang terletak di sekitar kaki Gunung Bromo ini. Kawan bisa menyaksikan upacara adat tersebut jika datang di bulan purnama tanggal 14-15 bulan kesepuluh dalam penanggalan Jawa.

Untuk mencapai wisata alam ini Kawan bisa memakai transportasi darat dengan naik kereta api atau bus. Rute untuk mencapai puncak gunung ini tidak terlalu sulit, karena sudah tersedia tangga dengan 250 anak tangga yang akan mengantarkan Kawan menuju pemandangan indah dan dapat meilihat kawah. Jika tidak merasa kuat menaiki tangga, Kawan juga bisa menyewa kuda yang akan membawa Kawan ke puncak gunung ini.

This post has already been read 623 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Switch to our mobile site