Kenapa Namanya Raja Ampat?

Tempat wisata yang ini sedang sangat terkenal di Indonesia sampai dunia. Tapi apakah kamu tahu kenapa namanya Raja Ampat? Kalau dipraktekkan, pas ngomong Raja Ampat dengan dialek Papua, sounds cool. :)

raja ampat

Asal nama dekat dengan legenda. Sekitar ratusan tahun lalu, ada sepasang suami istri di Teluk Kabui kampung Wawiyai sedang mencari makan dan gak sengaja menemukan enam butir telur naga. Kalau udah bahas naga, udah ngomongin legenda nih. Seru!

Mereka memutuskan untuk mengambil enam butir telur naga dan memasukkannya ke noken (tas khas orang Papua). Sampai rumah, tas itu disimpan di dalam kamar. Malamnya, betapa kagetnya mereka kalau lima telur menetas menjadi anak laki-laki dan satu lagi anak perempuan.

Akhirnya empat dari kelima anak lelaki ini dijadikan nama dari Raja Ampat, yaitu

  1. War menjadi Raja si Waigeo
  2. Betanio menjadi Raja di Salawati
  3. Dohar menjadi Raja di Lilinta (Misool)
  4. Mohamad menadi Raja di Waigama (Batanta)

Sebenarnya ada banyak versi cerita rakyat tentang Raja Ampat. Ada juga yang bilang kalau nama Raja Ampat ada sekitar abad 15 yang merupakan bagian dari kekuasaan Kesultanan Tidore, Kepulauan Maluku.

Kalau mau objek wisata religi, coba deh ke Gorontalo.

Sumber tipswisatamurah

This post has already been read 706 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Switch to our mobile site