Mengarungi Air di dalam Gua Pindul

Sudah pernah dengar tentang cave tubing? Atau sudah pernah dengar gua bernama Pindul? Lokasinya ada didesa wisata Bejiharjo, Yogjakarta. Cave tubing sebenarnya kebalikan dari arung jeram karena tidak ada ombak sama sekali yaitu kegiatan mengarungi air yang sangat tenang di dalam gua dengan menggunakan ban dalam. Gua Pindul memiliki panjang sekitar 350 m, lebar 5m, jarak permukaan air dengan atap gua 4 m dan kedalaman air 5-12 m. Serunya, pengunjung bisa berkeliling disepanjang gua selama 45 menit.

 gua pindul, cave tubing

Zona yang bisa dikunjungi ada 3, zona terang, remang dan gelap. Enaknya kegiatan cave tubing di gua Pindul karena airnya sangat tenang, makanya bisa dilakukan oleh dewasa, anak-anak bahkan ibu hamil juga pernah. Seru juga ya, menyusuri sungai di perut bumi sepanjang 350 m!

Disarankan datang jam 9 atau 10 pagi ya, karena cuaca lagi bagus, gak terlalu dingin dan cerah. Hal unik lainnya di gua Pindul dalah sumur terbalik. Namanya aja udah gak biasa ya. Sisebut begitu karena sinar matahari yang masuk melewati lubang ini membuat suasana makin cantik.

Kebanggan lain dari gua Pindul adalah stalagtitnya yang menjadi peringkat no. 4 di dunia. Wow! Serunya lagi, masih ada stalagtit yang aktif dan mitosnya tetesan airnya bisa buat awet muda dan cantik lho. Nah, kalau untuk pria bisa ke stalagtit jantan supaya meningkat vitalitasnya. Ada-ada aja ya. Namanya juga mitos.

Harga untuk paket cave tubing gua Pindul sangat terjangkau. Siapin aja 30,000 udah dapat pemandu profesional, perlengkapan berupa ban pelampung, jaket pelampung, sepatu karet dan head lamp).

Berminat ke gua Pindul? Yuk ke Yogyakarta

sumber foto: goapindul.info

This post has already been read 962 times!

Switch to our mobile site