Mesjid Berbentuk Klenteng, Muhammad Cheng Ho

Mesjid berbentuk klenteng ini letaknya di Surabaya, bernama Muhammad Cheng Ho. Mesjid ini memang didedikasikan untuk Laksamana Cheng Ho seorang panglima Tionghoa yang menyebarkan Islam di Indonesia pada tahun 1410 dan 1416. Mesjid ini diresmikan pada 13 Oktober 2012. Arsitektur mesjid ini terinspirasi dari mesjid di Beijing, Cina yang bernama mesjid Niu Jie. Kemudian untuk merealisasikannya dipercayakan pada Ir. Abdul Aziz yang berasal dari Bojonegoro, Jawa Timur.

mesjid muhammad cheng ho

Laksamana Cheng Ho diutus oleh Kaisar Yung Lo untuk menemui raja Majapahit untuk menyebarkan agama Islam. Mesjid Muhammad Cheng Ho memiliki luas tanah 21×11 m2 dan luas bangunan 11×9 m2. Tentang ukuran mesjid Muhammad Cheng Ho bukan sembarang angka lho, tapi ada filosofinya. Angka 11 adalah ukuran Ka’bah ketika baru dibangun, sedangkan angka 9 melambangkan Wali Songo dan angka 8 sebagai simbol keberuntungan yang dalam bahasa Tionghoa adalah Pat Kwa. Wow, sangat relijius dan filosofis yah.

laksamana cheng ho

Pastinya begitu besar jasa seorang Laksamana Cheng Ho yang patut diabadikan di mesjid ini. Mesjid serupa juga ada di Palembang bernama Mesjid Al Islam Muhammad Cheng Ho Sriwijaya Palembang.

Sumber buat yang hobi jalan-jalan.

This post has already been read 964 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Switch to our mobile site