Sejarah Dan Pesona Air Terjun Sri Gethuk

Yogyakarta sepertinya menjadi kota yang tak pernah kehilangan keindahannya. Mulai dari keindahan budaya, sejarah, alam, hingga keindahan pusat perbelanjaannya. Namun, jauh dari pusat kota, Yogyakarta ternyata juga menyimpan keindaham alam yang sangat disayangkan untuk diacuhkan.

Tepatnya di Playen, Kabupaten Gunungkidul, terdapat air terjun yang selalu mengalir tanpa mengenal musim, yaitu Air Terjun Sri Gethuk. Letaknya tepat di antara ngarai Sungai Oya. Apa yang menarik dari air terjun ini? Namanya wisata alam Gunungkidul sudah tentu letak keindahannya terletak pada pemandangannya. Namun pemandangan di Air Terjun Sri Gethuk memiliki pesonanya sendiri. Tepat di bawah air terjun terdapat bebatuan yang membentuk undak-undakan. Saya saja terpancing untuk segera menenggelamkan kaki dalam aliran air yang melewati undak-undakan tersebut. Percikan air yang menyentuh kulit terasa sangat sejuk. Bahkan berada di sana seperti sedang berada di negeri khayangan. Saya takjub akan pesona alamnya.

Ketika sedang memandangi percikan air terjun, saya melihat beberapa penduduk setempat yang sedang bercanda. Namun ada kejanggalan ketika mereka menyebut air terjun ini dengan nama Air Terjun Slempret. Kemudian timbul dalam benak sebuah pertanyaan tentang mengapa mereka memanggilnya dengan nama Air Terjun Slempret? Dan apa arti di balik nama Sri Gethuk?

foto: kicauanpemula

foto: kicauanpemula

Berawal dari kegundahan, sepulang dari wisata alam Gunungkidul saya mencoba mencari tahu jawabannya. Kemudian saya menemukan seberkas legenda yang sepertinya menarik untuk diceritakan.

Jadi kira-kira begini ceritanya. Konon, dahulu air terjun tersebut adalah tempat berkumpulnya para jin. Jin-jin ini tak sekedar berkumpul layaknya para pria dewasa, namun mereka menggelar semacam kesenian musik. Oleh karena itu, para penduduk sekitar mengaku seringkali mendengar suara gamelan dan slompret. Apa itu slompret? Adalah alat musik tiup khas Yogyakarta. Masih ingat dengan penduduk lokal yang bermain di lokasi air terjun dan menyebut lokasi itu dengan nama Air Terjun Slempret? Nah, itulah asal-usul nama tersebut.

Lantas bagaimana dengan arti Sri Gethuk? Pemimpin para jin berkesenian tadi bernama Jin Angga Manduro. Menurut cerita lokal, Angga Menduro memiliki tempat penyimpanan gamelan yang strategis, yaitu di Mergangsan dan di Srikethuk. Nah, Srikethuk berlokasi tepat di air terjun. Dan, hingga kini air terjun tersebut diberi nama Air Terjun Sri Gethuk.

foto: yukpegi

foto: yukpegi

Hmm, setelah mengetahui cerita tadi saya jadi penasaran. Andai saja saya tahu dari awal, mungkin saya akan mencari tahu dimana gamelan tersebut disembunyikan. Tapi kalau sudah ketemu, mau diapakan ya?

Itu tadi cerita saya dari wisata alam Gunungkidul. Punya cerita yang sama? Silakan berkomentar.

sumber: detik, viva, yukpegi.com

This post has already been read 1064 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Switch to our mobile site