Sudah Tahu Kenapa Namanya Tanah Lot?

Rasanya gak sah kalau liburan ke Bali gak mampir ke Tanah Lot. Tempat wisata yang satu ini memang sudah sangat terkenal di Indonesia sampai dunia. Tempat ini sebenarnya merupakan pura yang sekaligus mengandung unsur sejarah.

Kalau kamu sering dengar atau bahkan sudah beberapa kali mengunjungi Tanah Lot, apakah kamu tahu arti dibalik nama itu? Berbicara tentang sejarah Tanah Lot berarti kembali pada zaman kerajaan Majapahit. Dulu, seorang bhagawan bernama Dang Hyang Dwijendra atau lebih terkenal namanya Dang Hyang Nirarta merupakan sosok penting dalam penyebaran agama Hindu. Ketika itu, beliau dikenal dengan nama Dharma Yatra. Beliau bahkan sampai terkenal di Lombok dan sampai-sampai dijuluki sebagai Tuan Semeru. Wow! Pastinya tersohor sekali yah. Bahkan kemahsyurannya disamakan dengan kemegahan gunung besar di Jawa Timur, Semeru. Tuan Semeru juga berarti guru dari Semeru.

tanah lot, liburan ke bali

Ketika beliau datang ke Bali, ia melihat sinar suci dari arah tenggara yang terus diikuti dan ternyata adalah sumber mata air. Di dekat situ ternyata ada batu karang yang sekilas mirip burung, maka dinamakanlah Gili (batu karang) Beo (burung). Akhirnya, disinilah beliau rutin melakukan meditasi dan melakukan pemujaan terhadap Dewa Penguasa Laut. Lalu apa hubungannya dengan nama Tanah Lot? Eits, sabar dulu, nanti akan dikasih tahu sampai ke situ.

Batu karang ini termasuk dalam wilayah bernama Desa Beraban yang dikepalai pemimpin suci dengan gelar Bandesa Beraban Sakti. Sebelum kedatangan Dang Hyang Nirarta, desa ini menganut kepercayaan monotheisme tapi kemudian banyak penduduk yang mengikuti ajaran beliau. Hal ini membuat Bandesa Beraban Sakti marah dan mulai mengajak pengikutnya untuk mengusir Dang Hyang Nirarta. Wow, ternyata sejarah Tanah Lot juga diwarnai dengan penyebaran agama yah.

Bukan Tuan Semeru namanya kalau tidak memiliki kekuatan dahsyat. Benar saja, ketika diserang, beliau melindungi dirinya dengan memindahkan batu karang besar tempatnya bermeditasi ke tengah lautan! Wow, sakti! Kemudian muncul banyak ular dari selendang beliau yang ada disekitar batu karang untuk melindungi dan menjaga tempat tersebut. Setelah posisi batu karang berubah, beliau menamakannya Tanah Lot yang artinya tanah di tengah laut.

Gimana, berminat liburan ke Bali untuk melihat langsung pura cantik ini?

Sebelum ke sana, ada baiknya tahu dulu tentang tips merencanakan liburan ke Bali dengan efektif! Have fun!

Sumber berbagai tempat liburan.

This post has already been read 911 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Switch to our mobile site