8 Kiat Liburan Anti Stres

Saat pekerjaan menumpuk, berkonflik dengan atasan, ada masalah dengan keluarga, Kawan butuh istirahat untuk menenangkan diri. Liburan dengan cara yang tepat, bisa menjadi obat untuk menghilangkan stres. Liburan bisa disiasati menjadi sebuah kesempatan untuk menyegarkan tubuh dan pikiran. Mengurai benang kusut di kepala Kawan dan memberikan semangat baru untuk menghadapi semua tantangan dalam hidup. Untuk itu, Kawan bisa mempraktekan 8 jurus jitu di bawah ini:1.    Tinggalkan laptop di rumah

Jangan bawa laptop yang berisi pekerjaan Kawan. Apalagi kalau pekerjaan itu yang menjadi pemicu stres Kawan. Tinggalkan saja di rumah, kerena itu akan membuat kepala selalu terngiang-ngiang dengan aneka beban kerja. Ingat, Kawan butuh waktu untuk menghilangkan stres. Lebih baik, bawa saja buku bacaan favorit Kawan atau MP3 player dengan lagu-lagu yang asyik. Otak Kawan butuh istirahat.

2. Jauh-jauh dari ponsel

Liburan tetap perlu membawa ponsel untuk berkomunikasi. Tapi, hal itu bukan untuk membuat Kawan kembali terjebak dengan carut marut pekerjaan, atau telepon sana-sini untuk membereskan masalah. Rileks! Cukup sesekali saja mengecek SMS, Blackberry Messenger, YM atau apa pun pesan yang masuk, terutama urusan pekerjaan. Balaslah ketika Kawan rasa itu benar-benar penting. Selebihnya, nikmatilah liburan Kawan.

3. Sabar, sabar, dan sabar

Jangan biarkan hal-hal remeh merusak liburan Kawan. Sikapi dengan santai jalan yang macet menuju pantai favorit Kawan. Jangan senewen kalau pesawat yang akan membawa Kawan terbang ke tujuan liburan tertunda selama beberapa puluh menit. Sabar saja dan santai. Masalah memang selalu ada setiap saat, bukan? Yang penting, bagaimana kita selalu melihat sisi terang dari semua kejadian yang berarti.

4. Lakukan hal yang kita mau

Cara yang asyik untuk menghilangkan stres adalah dengan melakukan apapun yang paling Kawan suka dan paling ingin Kawan lakukan. Seringkali Kawan mengidamkan untuk melakukan suatu hal, namun kerap tertunda karena rutinitas kerja yang membebani. Keinginan yang terus terpendam itu, bisa menjadi obat stres jika tiba-tiba bisa Kawan lakukan. Ada euforia yang membuncah di dalam hati. Yang ingin memacu adrenalin di Sukabumi, silakan berarung jeram di Citarik. Atau yang ingin menikmati kecantikan bawah laut Bunaken, silakan diving dan menikmati birunya laut.

5. Nikmati ruang terbuka

 Saatnya bangkit dari meja kerja yang mengungkung Kawan, ada dunia luas di luar sana. Nikmatilah! Biarkan matahari pagi membelai lembut wajah Kawan di puncak Gunung Bromo. Rasakan segarnya hawa perkebunan teh di Gunung Mas, mengisi penuh paru-paru Kawan.

Jalan-jalanlah menikmati suasana ramai di Malioboro, Yogyakarta. Menunggu surya tenggelam di Pantai Kuta pun akan sangat mengasyikan. Ruang terbuka akan membuat Kawan bergerak, merasa lepas dan perlahan-lahan merontokan semua beban di tubuh Kawan.

6. Saatnya memanjakan diri

Setiap hari bekerja dari pagi sampai malam, akan membuat tubuh dan jiwa Kawan lelah. Padahal, tubuh Kawan bukanlah mesin. Ini saatnya Kawan memulihkan diri. Manjakanlah tubuh Kawan. Banyak destinasi liburan asyik yang punya tempat-tempat spa, mampirlah di sana. Beberapa tempat juga tersohor dengan pemandian air panasnya. Nikmati asyiknya berendam dan rasa penat itu akan hilang perlahan-lahan.

7. Cari kegiatan sehat dan seru

 Aktivitas yang tepat saat liburan, bisa menjadi obat stres untuk Kawan. Dari sekian banyak pilihan kegiatan, carilah yang bisa membuat tubuh Kawan sehat, sekaligus seru dan menggembirakan. Bersepeda menyusuri pedesaan di Bogor atau Bandung, kenapa tidak? Badan sehat dan perjalanan menggowes sepeda pasti bisa Kawan nikmati. Menonton ketoprak, wayang orang atau ludruk di beberapa kota di Jawa juga mengasyikan, biarkan para aktor mengocok perut Kawan sampai terpingkal-pingkal.

8. Luangkan waktu untuk sendiri

Setelah puas melakukan beraneka hal untuk liburan anti stres, kini saatnya mencari waktu untuk diri Kawan sendiri. Sudah cukup dengan spa, sudah puas wisata kuliner, sudah kenyang memacu adrenalin dengan bungee jumping. Carilah waktu yang tenang entah menunggu matahari terbit atau terbenam, di puncak gunung, di tepi pantai, di pinggir danau, kapan pun dan dimana pun yang Kawan anggap terbaik. Ini saatnya mencari ketenangan suasana batin dan pikiran. Nikmati suasana itu sendirian, hiburlah batin dan otak Kawan.

Pejamkan mata, tidak usah berpikir macam-macam. Atur nafas Kawan dengan perlahan. Saatnya Kawan memotivasi diri, betapa Kawan diberkahi dengan semua kesempatan istimewa berupa liburan yang luar biasa. Pastikan bahwa setiap detik yang Kawan lewatkan dalam liburan ini begitu berarti untuk Kawan. Jadikanlah itu sebuah energi dan semangat baru.

Semoga dengan 8 kiat ini, Kawan bisa memiliki liburan yang menjadi pemulih stres. Usai liburan, Kawan merasa menjadi manusia baru yang penuh dengan semangat, penuh dengan ide. Stres pun Kawan buang jauh-jauh dari pikiran.

This post has already been read 1158 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Switch to our mobile site