Enam Tips Pemesanan Hotel Via Internet

Apa yang tak bisa dilakukan oleh internet? Epertinya apapun bisa kita cari di Internet. Karena tekhnologi semakin pesat, apapun bisa kita pesan lewat internet dan tinggal membayarnya dengan mentransfer. Kini pemesanan hotel dimanapun kita inginkan juga bisa kita lakukan lewat Internet. Tapi sebelum pemesanan, sebaiknya perhatikan enam tips di bawah ini.

1.    Cari situs booking hotel yang terpercaya

Ada banyak situs booking hotel di internet. Tapi carilah situs yang terpercaya agar Anda terhindar dari risiko penipuan online alias scamming. Ada sejumlah situs booking ternama yang selama ini umum dipakai para traveler.

Misalnya Wego, Agoda, Booking.com dan Hotels.com. Situs lokal Indonesia juga ada seperti antatour.com, bookpanorama.com dan Raja Kamar. Beberapa jaringan hotel besar bahkan mengembangkan situs booking online sendiri khusus untuk jaringan hotel mereka, misalnya saja accorhotels.com.

2. Baca baik-baik aturan pemesanan

Cek dengan teliti apakah data kartu kredit yang diberikan hanya untuk konfirmasi pemesanan, atau uang Anda langsung dipotong. Booking.com misalnya, biasanya hanya menggunakan data kartu kredit untuk konfirmasi pemesanan. Traveler membayar uang langsung kepada pihak hotel ketika sampai di tempat.

Baca juga aturan dari pihak hotel terutama urusan pembatalan, apakah uang Anda dikembalikan atau dipotong. Begitupun aturan menginap, jangan sampai hotel Anda tidak menerima anak-anak padahal Anda ingin berlibur bersama keluarga.

3. Cari harga pembanding

Enaknya banyak situs booking online adalah Anda bisa mencari harga pembanding untuk hotel yang sama. Situs Wego misalnya menampilkan aneka harga yang ditawarkan situs booking online lain. Sehingga traveler bisa memastikan dia mendapatkan harga termurah.

Rajin-rajinlah browsing aneka situs booking online sebelum Anda menetapkan pilihan. Siapa yang tidak mau dapat hotel bagus dengan harga miring?

4. Baca testimoni

Jangan tergiur dengan foto hotel yang dipasang di situs booking online. Banyak yang kecewa karena aslinya tidak seindah yang ada di foto. Atau, pelayanan hotelnya buruk, tidak seperti yang diiklankan.

Untuk itu, rajin-rajinlah baca testimoni orang-orang yang pernah menginap di sana. Jangan hanya membaca pujian, tapi baca juga kritikan orang yang kecewa saat menginap di hotel itu. Anda pun bisa mendapatkan bahan pertimbangan yang cukup sebelum memesan hotel secara online.

5. Rajin update kondisi

Setelah hotel dipesan, urusan belum selesai. Rajin-rajinlah melakukan update kondisi baik dengan situs booking atau dengan hotel terkait.

Ini dilakukan untuk mencegah hal-hal seperti pembatalan kamar secara sepihak, kesalahan data pemesan, dan lain-lain. Jangan sampai kita merasa pemesanan kita baik-baik saja, dan baru menyadari ada masalah ketika kita sudah sampai di lokasi.

6. Bawa kartu kredit

Karena pemesanan hotel secara online dilakukan dengan kartu kredit, maka benda ini tidak boleh lupa dibawa untuk check in di kamar hotel. Pihak hotel membutuhkannya untuk konfirmasi data. Jika Anda memesan dengan kartu kredit orang lain, Anda bisa meminjamnya jika itu milik anggota keluarga atau teman baik.

Anda juga bisa membawa fotokopi untuk ditunjukan kepada pihak hotel. Mungkin pihak hotel akan meminta konfirmasi pemilik asli kartu kredit, hal itu bisa saja dilakukan.

Sumber : detiktravel

This post has already been read 721 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Switch to our mobile site