Mau Liburan Murah? Ikuti 8 Tips Berikut

Bagi kita yang hobi hilir mudik untuk berlibur, tentu budget menjadi salah satu fokus utama selain destinasi. Biaya yang kita keluarkan selama liburan terkadang menjadi penghalang kegiatan liburan kita, dan juga keinginan untuk mengeksplor tempat-tempat wisata. Untuk itu, kita perlu pintar-pintar dalam menyiasati tingginya biaya tersebut. Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan, diantaranya yakni melalui 8 cara berikut :

liburan murah

1. Menginap di rumah penduduk, bukan hotel

Kita terbiasa menginap di hotel ketika sedang berpergian. Kini, saatnya kita merubah kebiasaan itu dengan mencoba mencari penginapan di rumah-rumah penduduk yang tersedia. Saat ini banyak tempat wisata yang menjadikan rumah penduduk sebagai salah satu alternative penginapannya. Menginap di rumah penduduk dapat mengurangi biaya karena jauh lebih murah daripada hotel.

 2. Ketahui strategi ketika memesan tiket

Untuk melakukan perjalanan dan mendapatkan harga tiket murah,  Anda harus mengetahui strategi pemesanan tiket. Ada beberapa hal yang harus diketahui dalam memesan tiket, yakni tanggal pemesanan misalnya. Biasanya untuk harga pesawat murah ada di hari Selasa. Kemudian, jika pergi dengan dua orang atau lebih, sebaiknya pesan tiket satu-satu atau secara terpisah. Jangan pesan sekaligus. Dengan memesan terpisah, kemungkinan Anda mendapat tiket murah cukup besar. Jika tidak, mesin pencari akan memberikan Anda kursi berderet dan itu tidak selalu berharga murah.

3. Teliti mencari perbandingan harga untuk tiket pesawat

Harga tiket pesawat yang ditawarkan setiap maskapai bermacam-macam. Untuk mendapatkan harga yang paling murah, sebaiknya kita mencari tahu perbandingan harga tiket tersebut. Jangan terkecoh dengan promo yang berujung pada penambahan biaya lain-lain. Sebisa mungkin teliti dalam menghitung dan membandingkan total biaya.

 4. Gunakan situs booking online yang loyal

Apabila kita terbiasa dan suka menggunakan situs booking online, sebaiknya kita mencari situs yang memberikan keuntungan pada kita. Seperti bonus poin yang dapat dikumpulkan untuk kemudian ditukar dengan penawaran pada transaksi berikutnya.

 5. Kunjungi destinasi baru

Coba untuk mencari destinasi wisata baru yang biasanya dijadikan tujuan alternatif oleh  beberapa turis. Bukan ke destinasi yang sedang ramai dikunjungi turis. Untuk mengetahui tempat-tempat baru ini Anda bisa mencarinya lewat internet. Biasanya tempat destinasi wisata yang sedang naik daun cenderung menaikkan harga penginapan dan lain-lain. Hal ini tentu akan membengkakkan biaya dan  menghabiskan banyak uang Anda.

 6. Manfaatkan hotspot/wifi

Ketika sedang berpergian, bila  tetap ingin menggunakan ponsel selama berada di destinasi tujuan, disarankan untuk menggunakan kartu nomor lokal. Hal ini penting diperhatikan terutama untuk kita yang ingin  pergi ke luar negeri. Usahakan untuk menghindari menggunakan nomer di negara asal karena akan membuat tagihan ponsel meledak. Sebaiknya kita memanfaatkan layanan WiFi yang umumnya banyak ditemukan di hotel atau destinasi wisata.

 7. Minta penduduk lokal setempat menjadi pemandu wisata

Apabila kita mengunjungi tempat destinasi baru yang belum pernah dikunjungi sebelumnya, sebaiknya kita meminta penduduk lokal setempat untuk menjadi pemandu wisata kita.  Disamping menghemat biaya, keuntungan lain dari menggunakan penduduk lokal sebagai pemandu wisata adalah kita lebih dapat mengeksplor beragam tempat wisata di daerah tersebut.

 8. Cermat mengakali transportasi

Selama berpergian, kita sebaiknya jangan hanya terpaku dengan satu moda transportasi saja. Coba untuk mencari alternatif transportasi yang dapat kita gunakan untuk menuju ke lokasi wisata tersebut. Umunya trasnportasi yang digunakan pesawat, coba untuk cari alat transportasi melalui jalur darat atau laut yang biasanya lebih murah.

Selamat mencoba! Happy holiday! :D

This post has already been read 1008 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Switch to our mobile site