Say no to Mabuk Kendaraan!

air sick

Anda mungkin sering melihat atau mendengar cerita tentang orang yang tak tahan naik kendaraan. Entah itu darat, udara atau air. Gejalanya mulai dari pusing, mual, hingga muntah-muntah. Beragam. Kondisi yang sering disebut mabuk kendaraan ini banyak sekali penderitanya. Mau tua mau muda; bahkan mungkin anda salah satunya.
air sickPenyebab mabuk kendaraan sebenarnya beragam. Tapi paling umum adalah karena kekacauan sistem koordinasi pusat. Bau yang tajam, kurangnya kadar oksigen dalam kendaraan, dan guncangan pada kendaraan juga bisa menjadi biang dari kondisi ini.

Baca Juga:Tips Backpacker bagi Kamu yang Baru Menjalaninya

Kondisi ini sangatlah tidak nyaman dan dapat mengganggu kenikmatan perjalanan anda. Tapi tenang dulu, kondisi ini bukan berarti tidak bisa dihindari. Ada beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan agar anda terhindar dari kondisi yang merepotkan ini.

  1. Pilih tempat duduk yang tidak terlalu banyak guncangan. Misalnya kalau anda naik bus, pilihlah tempat duduk yang dekat dengan supir. Semakin depan, semakin minim guncangannya. Atau jika anda berpergian dengan pesawat, duduklah di daerah sekitar sayap.
  2. Jaga pandangan agar selalu lurus ke depan. Jangan menunduk untuk membaca ataupun memainkan gadget karena hal ini akan membuat anda cepat pusing atau mual karena fokus yang dipaksakan.
  3. Ada baiknya mengkonsumsi minuman yang memiliki khasiat menghangatkan tubuh sebelum perjalanan. Seperti misalnya jahe hangat atau air jeruk nipis hangat.
  4. Minum obat anti mabuk 30 menit sebelum kendaraan dapat membantu anda menghindari mabuk kendaraan.
  5. Sirkulasi udara yang baik dalam kendaraan bisa membuat anda tetap segar dan terhindar dari mabuk sepanjang perjalanan. Jika anda berpergian dengan mobil, bukalah sesekali kaca jendelanya. Hirup udara di luar. Atau kalau anda berpergian dengan kapal, singgahlah di dek barang beberapa menit.
  6. Makan dan minum secukupnya sebelum berangkat. Hindari minuman beralkohol dan makanan pedas karena hal ini bisa memau rasa mual dan pusing serta gangguan lambung.
  7. Jaga sikap anda agar tetap tenang. Atur pernapasan anda. Usahakan agar tubuh anda tetap rileks.

Jika anda sudah terlanjur mabuk kendaraan, jangan segan untuk menghentikan atau meminta pengemudi kendaraan yang anda tumpangi untuk berhenti. Beristirahatlah sejenak, atur pernapasan, dan jika masih ingin muntah, maka muntahkan saja. Biasanya, kondisi tubuh malah akan membaik setelah muntah.

Semoga kiat-kiat ini bermanfaat bagi anda. Selamat berwisata!

air sick

This post has already been read 459 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Switch to our mobile site