Wisata Kuliner di Jogja

Wisata Kuliner – Kuliner salah satu tujuan dari seseorang ketika berwisata ke suatu daerah. Kuliner khas merupakan sesuatu yang wajib dicicipi dan akan memuaskan ketika sudah mencobanya. Yogyakarta yang merupakan salah stau kota dengan ragam kulinernya menawarkan macam-macam makanan untuk dicoba selama wisata kuliner di sana.

Gudeg Jogja mungkin sudah tidak asing di lidah dan di telinga tapi cobalah Gudeg Basah. Gudeg basah ini merupakan jenis gudeg yang dijual pada malam hari. Gudeg ini disebut gudeg basah karena memiliki kuah. Sehingga, gudeg ini tidak akan tahan lama. Sementara gudeg kering atau kendil karena tahan lama maka dijual sepanjang hari.

wisata kuliner jogja

wisata kuliner jogja

Gudeg basah yang dijual di malam hari ini rasanya tidak terlalu manis, tidak seperti makanan khas Jawa pada umumnya. Gudeg basah yang sering menjadi favorit adalah Gudeg Permata, Gudeg Mbak Sasha, Gudeg Pawon, Gudeg Bromo (Bu Thekluk), Gudeg Batas Kota, dan Gudeg Tugu.

Bagi penikmat rasa pedas maka jangan lewatkan menikmati Oseng-oseng Mercon. Kuliner ini merupakan salah satu kuliner favorit dan populer di Jogja. Oseng-osen mercon merupakkan tumisan  tetelan sapi yang dimasak dengan cabai rawit hingga menimbulkan aroma kuat. Sepanjang Jl. KH A.Dahlan warung yang menyediakan oseng-oseng ini banyak berjejejer. Namun, salah satu yang menjadi rekomendasi adalah oseng-oseng mercon Bu Narti dekat dengan SMA Muhammadiyah Lima.

Angkringan Joga bahkan sudah terkenal hingga pelosok nusantara dengan adanya angkringan selain di kota ini. Tetapi belum puas jika tidak datang sendiri ke angkringan di kota asalnya tersebut.  Angkringan yang menjual bermacam-macam makanan ini menjajakan makanan kaki lima Joga  seperti  nasi kucing atau Sego kucing. Nasi dari Jogja yang imut dan murah dengan lauk standarnya yaitu  tumis tempe buncis atau sambal teri.

Sisanya dijual terpisah dengan paket nasi kucing ini adalah lauk seperti usus, sate jerohan ayam, dan sate telur puyuh. Pelengkap lainnya juga datang dari gorengan dan tahu bacem. Angkringan yang menjadi rekomendasi adalah Angkringan utara stasiun tugu, Angkringan Nganggo Suwe, Angkringan di Jalan Dewa Nyoman Oka, Kotabaru, Angkringan depan kolam renang UNY,  dan Angkringan depan Kantor Kedaulatan Rakyat Mangkubumi Yogyakarta. Setiap angkringan menyajikan lauk yang berbeda.

This post has already been read 1306 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Switch to our mobile site